-->

Apresiasi Organisasi Mahasiswa Dalam Pembangunan

Posted by PORTALBERAU on 27 March 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Organisasi memiliki peran penting sebagai wadah kegiatan positif bagi generasi muda dan membantu pemerintah dalam pembinaan kemasyarakatan. Hal itu diungkapkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau, M Gazali, saat mewakili Bupati Berau, Muharram, menghadiri pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps HMI Wati Cabang Persiapan Kabupaten Berau, di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Jumat (22/3) lalu. 


Kegiatan yang dirangkai dengan peringatan Milad HMI ke 72 tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Berau, Syarifatul Syadiah dan jajaran unsur forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) Kabupaten Berau.

Sekkab M Gazali dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada mahasiswa yang tergabung sebagai kader HMI yang telah turut serta berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Berau. Sebagai organisasi mahasiswa, HMI ditegaskan Gazali telah banyak melahirkan pemimpin tidak hanya didaerah, namun juga secara nasional. Untuk itu Gazali berpesan agar pengurus yang baru dikukuhkan agar terus melakukan pengenalan sebagai bagian pembinaan kader kepada generasi muda, khususnya kepada mahasiswa yang baru untuk terus aktif dalam berbagai kegiatan positif, termasuj di kegiatan HMI yang memberikan pembinaan kaderisasi dari basic dan berjenjang. 

“Terus lakukan pengenalan dan pembinaan kepada adik adik kita,” ungkap Gazali yang juga pernah menjadi bagian dari kader HMI.

Dalam berorganisasi ditegaskan Gazali harus membangkitkan semangat kepada mahasiswa untuk terus belajar dan menambah ilmu pengetahuan secara penuh, termasuk utamanya belajar agama secara khusus, kader HMI menurutnya harus memiliki pengetahuan agama yg lebih. Termasuk kemampuan dalam membaca dan menulis Alquran yang lebih bagus. Bahkan kader HMI diharapkannya mampu memberikan pembinaan kepada adik adik sejak usia dini untuk bisa membaca dan fasih Alquran. 

“Mahasiswa Islam harus menjadi contoh, bahkan perlu ada forum khusus bagi kader HMI untuk lebih mendalami membaca Alquran dan bisa membina kepada adik adiknya sejak dini membaca dan memaknai Alquran,” ucapnya.

Lebih lanjut Sekkab M Gazali berharap kepada pengurus dan kader HMI untuk terus berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan didaerah. Pemkab Berau ditegaskannya sangat terbuka, termasuk dalam transparansi pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah. Mahasiswa melalui organisasinya menurut Gazali memiliki fungsi kontrol bagi pemerintah daerah dalam pelaksanaan pembangunan dan selama ini telah terlihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan. Termasuk dalam konsultasinl publik dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah yang trlah dilakukan dan melibatkan akademisi dari perguruan tinggi yang ada didaerah ini. 

“Peran mahasiswa sangat penting dalam pembangunan didaerah ini,” ungkapnya.

Melalui organisasi HMI diharapkan Gazali menjadi wadah bagi mahasiswa untuk terus belajar dan menambah wawasan sehingga saat selesai dari bangku kuliah dan meraih gelar sarjana telah siap untuk sepenuhnya mengabdi kepada masyarakat dan menjadi pemimpin masa depan bagi Kabupaten Berau.

 “Jadikan organisasi untuk belajar, memperluas wawasan untuk nantinya siap untuk mengabdi kepada masyarakat,” tandasnya. (Hms4)

» Terimakasih telah membaca: Apresiasi Organisasi Mahasiswa Dalam Pembangunan

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 27, 2019

0 comments :

Post a Comment