-->

Kelurahan Akan Dapat Anggaran Rp 350 Juta

Posted by PORTALBERAU on 5 March 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Pemkab Berau dan pemerintah pusat mengucurkan anggaran miliaran rupiah untuk 100 kampung di Kabupaten Berau, dalam bentuk Alokasi Dana Kampung (ADK). Sementara di daerah ini terdapat 100 kampung dan 10 kelurahan. Tahun ini, angin segar pun bakal dirasakan oleh kelurahan. Kucuran anggaran dari pemerintah akan diturunkan untuk setiap kelurahan.


Karena itu, mulai tahun ini, pemerintah pusat mengucurkan anggaran sekitar Rp 3,5 miliar. Anggaran ini nantinya akan diserahkan ke setiap kelurahan di Kabupaten Berau. Dengan demikian, setiap kelurahan akan mendapat anggaran untuk membangun sarana dan prasarana senilai Rp 350 juta.
Hal ini diungkapkan oleh Camat Tanjung Redeb, Yudha Budisantosa. Yudha menjelaskan, dana kelurahan ini untuk mengimbangi ADK, sehingga pembangunan di tingkat kampung dan kelurahan akan lebih merata. “Saat ini kami masih menunggu petunjuk teknis mengenai pelaksanaan anggaran dari pemerintah pusat. Setelah dapat petunjuk, maka pihak kelurahan bisa menggunakan anggaran tersebut. Anggarannya sudah ada dan kami perkirakan pada triwulan tiga atau empat nanti sudah bisa digunakan,” ungkapnya.
Karena itu, pihaknya meminta agar 10 kelurahan tersebut, masing-masing mengajukan perencanaan penggunaan dana kelurahan. “Yang pasti, dana kelurahan ini diperuntukkan untuk pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat,” tegasnya.
Yudha menambahkan, kemungkinan tidak semua kelurahan mendapat anggaran yang merata. "Tergantung kondisi di kelurahan, karena itu anggaranya beda-beda, namun tetap pada kisaran itu (Rp 350 juta). Karena ada indikatornya. Untuk di Kecamatan Tanjung Redeb ada enam kelurahan," sebutnya.
Kelurahan diminta untuk segera menyusun program prioritas yang belum dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 maupun dari dana RT. Seperti diketahui, selain kampung dan kelurahan, setiap RT juga mendapat anggaran untuk membangun sarana dan prasarana sebesar Rp 50 juta.
Sementara, untuk laporan pertanggungjawaban dana tersebut harus diberikan ke kecamatan. "Ini untuk semua kelurahan di Berau, totalnya da 10 kelurahan. Dana kelurahan ini untuk menyeimbangkan dengan dana desa yang selama ini diberikan pemerintah pusat, maupun dana RT dari pemerintah daerah," tandasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Kelurahan Akan Dapat Anggaran Rp 350 Juta

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 05, 2019

0 comments :

Post a Comment