-->

Republik Ceko Berikan Penghargaan ke Berau

Posted by PORTALBERAU on 25 March 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Republik Ceko melalui Kementerian Luar Negeri Ceko memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Berau, LSM dan TNI/Polri. Penghargaan yang diberikan ini merupakan apresiasi atas kepedulian menjaga konservasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.


Penghargaan diberikan langsung oleh Duta Besar Ceko untuk Indonesia, Ivan Hotek kepada Bupati Muharram dan Wakil Bupati Agus Tantomo serta perwakilan dari LSM dan TNI/Polri pada Senin (25/3) di ruang VVIP Bandara Kalimarau. Selain Pemkab Berau penghargaan juga diberikan kepada organisasi pemerintah yang terlibat dalam pengelolaan pesisir dan pulau-pulau kecil di Berau.

Bupati Muharram menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang telah diberikan ini. Melalui penghargaan ini diharapkan menjadi dorongan dan motivasi bagi pemerintah daerah untuk terus menggalakan konservasi di Berau. Bahkan bukan hanya sekedar menjaga tapi terus meningkatkan pengelolaan konservasi ini untuk menjaga alam di Berau. Sehingga kedepannya alam yang ada tetap terjaga dengan alami dan bertahan terus.

Muharram mengatakan bahwa kepedulian Ceko kepada daerah yang menjaga konservasi ini merupakan hal yang harus diapresiasi. Ia juga menegaskan kalau menjalankan konservasi merupakan kewajiban pemerintah yang harus dilaksanakan. 

"Kita menjaga konservasi sesuai dengan kaidah yang ditentukan. Terima kasih jika pemerintah Ceko memberikan apresiasi kepada kami. Ini akan menjadi motivasi yang tinggi untuk terus menjaga konservasi di sini," tegasnya.

Menurutnya dalam menjaga konservasi ini juga harus melibatkan masyarakat. Karena masyarakat yang berperan penting. Tentu perlu ada upaya yang dilakukan sehingga target tersebut bisa terwujud. Seperti memberikan sumber ekonomi alternatif bagi masyarakat sehingga tidak melakukan hal-hal yang dapat menganggu keseimbangan lingkungan. 

"Kalau mereka punya mata pencaharian yang lebih besar, tentu tidak ada lagi namanya penangkapan ikan dengan pengerusakan. Ini lah yang harus kita pikirkan bersama untuk memberikan solusi ekonomi bagi masyarakat sebagai mata pencaharian alternatif," tegasnya.

Sementara Duta Besar Ceko, Ivan Hotek mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan ini secara khusus disampaikan kepada daerah yang dinilai penduli dengan konservasi. Ia menegaskan kalau pemerintah Ceko sangat apresiasi terhadap daerah yang menjaga konservasi sehingga alam yang dimiliki tetap lestari. Sebelum Ceko juga memberikan penghargaan serupa kepada Pemerintah Aceh.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara yang kaya dengan sumber daya alam melimpah harus tetap dijaga dengan maksimal."Indonesia negara yang luas dan indah. Tentu kita harus bersama-sama menjaga potensi yang ada ini. Saya atas nama Pemerintah Ceko memberikan apresiasi kepada Pemerintah Berau yang peduli dengan konservasi," pungkasnya.(hms5)

» Terimakasih telah membaca: Republik Ceko Berikan Penghargaan ke Berau

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 25, 2019

0 comments :

Post a Comment