-->

Tingkatkan Ekspor dan Investasi Daerah Bupati, Buka Rakor Pepida se-Kaltim

Posted by PORTALBERAU on 25 March 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Kabupaten Berau menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi Peningkatan Ekspor dan Peningkatan Investasi Daerah (Pepida) se Kalimantan Timur Tahun 2019. Rakor dibuka Bupati Berau, Muharram, mewakili Gubernur Kalimantan Timur, di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Senin (25/3) kemarin. Turut Hadir Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali, Kepala Biro Perekonomian Kaltim, Nasri, serta Asisten Bidang pembangunan dan perekonomian dan kelompok kerja percepatan peningkatan ekspor dan peningkatan investasi daerah kabupaten dan kota se Kalimantan Timur.


Dalam sambutannya, Bupati Berau, Muharram menyambut baik pelaksanaan rakor pepida se Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Kabupaten Berau, melalui Rakor ini diharapkannya ada rumusan baru yang dihasilkan dan dapat menjadi acuan kebijakan pemerintah dalam upaya peningkatan ekspor maupun peningkatan investasi daerah yang pada akhirnya mencapai target pertumbuhan ekonomi yang meningkat. 


Dalam Pertumbuhan ekonomi menurutnya faktor yang paling menunjang diantaranya dipengaruhi dengan ekspor dan juga investasi, sehingga hal yang paling penting untuk dilakukan adalah bagaimana upaya untuk meningkatkan ekspor dan investasi didaerah.

Pertumbuhan ekspor khususnya di Kaimantan Timur yang masih mendominasi adaah eksport migas, batu bara dan crude palm oil (CPO), peningkatan ekspor komoditi ini ditegaskan Muharram dipikirkan oleh perusahaan dalam upaya peningkatan produksi. Namun pemerintah menurutnya belum hadir maksimal dalam upaya mendorong peningkatan ekspor. Padahal masih banyak potensi dari berbagai komoditi lain, baik pangan maupun perikanan yang memiliki nilai ekspor tinggi. 


“Ini yang perlu kita pikirkan dan rumuskan bersama untuk meningkatkan ekspor daerah,” ungkapnya.

Seperti perikanan dikatakan Muharram saat ini telah banyak hasil perikanan yang sudah diekspor keluar negeri. Diantaranya udang yang sdh dikirim sampai Malaysia dan beberapa negara lainnya. Pengiriman ini masih dilakukan individu dari masing masing nelayan. Begitu juga dengan komoditi pertanian yang memiliki nilai ekspor dan pasar dunia. 


“Peluang ekspor selain migas, batu bara dan cpo ini yang kita pikirkan bersama dari seluruh kabupaten dan kota melalui tim pepida dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ucapnya.

Dalam peningkatan investasi daerah, pariwisata menjadi salah satu sektor yang memiliki potensi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Hal itu ditegaskan Muharram yang kini dilakukan Pemkab Berau dengan mendorong pertumbuhan kepariwisataan. Termasuk menjalin kerjasama baik dalam negeri maupun luar negeri. 


Seperti yang telah dilakukan dengan Republik Seychelles bersama Pemprov Kaltim dalam mendorong pariwisata bahari Kepulauan Derawan dan Maratua. Pemerintah Republik Seychelles yang telah mampu membangkitkan pariwisatanya mensuport Kabupaten Berau untuk bisa memacu investasi pariwisata bahari, khususnya di Pulau Maratua. 

“Berau sudah menuju kesitu, membangkitkan investasi pariwisata meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” tandasnya.

Pembukaan Rakor Pepida se Kalimantan Timur ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Berau. (hms4)


» Terimakasih telah membaca: Tingkatkan Ekspor dan Investasi Daerah Bupati, Buka Rakor Pepida se-Kaltim

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 25, 2019

0 comments :

Post a Comment