-->

Gelar Apel Gabungan, Peringati HUT Satpol PP ke-69

Posted by PORTALBERAU on 11 April 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang ke-69, Pemadam Kebakaran (Damkar) yang ke-100 dan Linmas yang ke-57 diperingati dengan apel gabungan. Bertempat di halaman kantor Bupati Berau, Rabu (10/4).


Bertindak sebagai Inspektur upacara Setkab Berau, M Gazali. Kegiatan diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai instansi di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya semua pleton Satpol PP maupun Damkar dan Linmas termasuk dari beberapa kecamatan. Turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta seluruh pejabat dan pimpinan OPD.

Membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, Gazali mengatakan, melalui peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-100, HUT Sat Pol PP Ke-69, dan HUT Sat Linmas Ke- 57 mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mewujudkan ketentraman serta perlindungan masyarakat.

Pemadam kebakaran, Satpol PP dan Sat Linmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan dan memberikan perlindungan masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional.

Tugas Pemadam Kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun, kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan dalam kondisi membahayakan manusia.

“Sedangkan Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman, serta menyelenggarakan perlindugan masyarakat “ ujarnya.

Kemudian Sat Linmas secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketentraman, ketertiban, dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu, serta membantu upaya pertahanan Negara.

“Selamat ulang tahun Pemadam Kebakaran Ke-100, Satpol PP Ke-69, dan Sat Linmas Ke-57Terus tingkatkan kapasitas aparatur dan kelembagaan, guna mewujudkan perlindungan masyarakat, dalam mencapai tujuan pembangunan Negara ini,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Gelar Apel Gabungan, Peringati HUT Satpol PP ke-69

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 11, 2019

0 comments :

Post a Comment