-->

Lima Kebutuhan Dasar Jadi Prioritas Pemkab

Posted by PORTALBERAU on 1 April 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Dari hasil musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang telah dilaksanakan di kecamatan, diketahui bahwa ada lima kebutuhan dasar yang menjadi target utama untuk dituntaskan. Kelima kebutuhan dasar ini yaitu listrik, air minum, jaringan telekomunikasi, pendidikan dan kesehatan. Pemerintah Kabupaten Berau pun menargetkan untuk menuntaskan persoalan ini dalam beberapa tahun kedepan.


Dalam percepatan penyelesaian masalah ini, Pemkab Berau telah mengelar rapat internal bersama dengan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang dipimpin langsung oleh Bupati Berau, Muharram. Dari rapat tersebut ditargetkan agar masing-masing OPD bergerak cepat untuk menyusuna program apa yang akan dilaksanakan dalam penyelesaiannya. Targetnya dalam beberapa tahun kedepan persoalan mendasar ini dapat diselesaikan dan masyarakat dapat menikmatinya.

Muharram menyampaikan, untuk masalah listrik dan air minum masih dirasakan hampir di semua kecamatan. Selama ini masyarakat hanya mengandalkan fasilitas seadanya saja, seperti generator set ataupun menampung air hujan serta memanfaatkan air sungai. Seperti yang dirasakan di Kecamatan Maratua, yang masih memanfaatkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air minum. 

“Karena di sini sudah ada jaringan air minum, ini akan kita maksimalkan. Saya juga telah perintahkan kepada Direktur PDAM Tirta Segah untuk menuntaskan masalah ini,” ujarnya.

Sementara untuk pemenuhan jaringan telekomunikasi dirasakan di beberapa kecamatan khususnya daerah pedalaman dan pesisir. Seperti di Kecamatan Kelay yang belum bisa menikmati jaringan komunikasi. Padahal saat ini segala pengurusan administrasi pemerintah mulai kecamatan hingga kampung menggunakan sistem online. Belum maksimalnya jaringan ini membuat pemerintah kecamatan dan kampung harus memanfaatkan fasilitas seadanya. 

“Masih banyak titik blank spot yang harus kita selesaikan. Apakah dengan menggunakan penguat sinyal atau cara lainnya, yang jelas ini harus diselesaikan,” tegasnya.

Sementara untuk pendidikan dan kesehatan disampaikan Muharram merupakan menjadi prioritas yang juga akan diselesaikan dalam beberapa tahun kedepan. Anggaran yang cukup besar di bidang ini diharapkan bisa maksimal dijalankan. Ia mengharapkan agar kedepannya fasilitas pendidikan dan kesehatan dapat dipenuhi di setiap kecamatan. 

“Seluruh OPD kita dorong untuk bergerak cepat menyelesaikan semua persolan ini. Dan diharapkan target penyelesaian ini dapat tuntas secepatnya. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tercapi dan mereka bisa menikmati fasilitas dasar ini,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Lima Kebutuhan Dasar Jadi Prioritas Pemkab

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 01, 2019

0 comments :

Post a Comment