-->

Bupati Turun Tangan Selesaikan Unjuk Rasa di Pelabuhan

Posted by PORTALBERAU on 22 May 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Aksi unjuk rasa ratusan Buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Berau area Muara Pantai Berau terus berlanjut. Setelah sebelumnya tidak diberi kesempatan untuk menyampaikan tuntutan pada hari Selasa (21/5/2019) kemarin, buruh TKBM kembali menggekar aksi serupa, Rabu (22/5/2019). Seperti kemarin, mereka tidak diterima masuk Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Tanjung Redeb, mereka menduduki pelabuhan.


Namun kali ini, Bupati Berau, Muharram didamping Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Wiyati, menemui para buruh TKBM yang sudah 8 bulan ini tidak bekerja, sehingga tidak memiliki pendapatan.

“Saya ikut prihatin, karena katanya (para buruh) sampai tidak bisa bayar zakat. Tidak ada uang buat belanja lebaran. Kan kasihan sekali," kata Muharram.

Dirinya menilai, selama ini aksi para buruh tersebut tidak mendapat tanggapan, lantaran salah mekanisme dalam menyampaikan tuntutan. Sehingga ia berinisiatif untuk mendatangi lokasi dan melihat kondisi yang terjadi di lapangan.

"Saya datang ke sini untuk mendengar langsung mengenai keluhan yang selama ini disampaikan. Sehingga ada titim temu dan solusi yang bisa diambil. Ini menjadi bentuk kepedulian saya terhadap kondisi bapak/ibu sekalian,” ujarnya.


Ia mengatakan bahwa dalam istilah koperasi, badan hukum koperasi, tidak ada yang namanya legal consultant. Sehingga dalam bernegosiasi, bisa langsung dengan ketua koperasi. Muharram meminta para buruh untuk memperbaiki persoalan ini secara internal, sehingga tidak ada kesalahpahaman. Muharram berjanji akan membantu para buruh dalam mengawal persoalan ini hingga selesai. Karena menurutnya nasib para buruh ini harus diperjuangkan sampai selesai dan mendapatkan kejelasan.



"Dengan catatan, antara kedua pihak ini tidak ada yang saling berkeras. Sehingga ada titik temu yang bisa diambil dan memberikan solusi terbaik untuk kedua pihak. Buruh bisa mendapatkan kejelasan atas upah yang belum terbayarkan dan perusahaan bisa beroperasi dengan lancer. Karena kalau terus seperti ini tidak akan ada titik temu, dan masalah ini akan berlarut-larut," tegas Muharram. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Bupati Turun Tangan Selesaikan Unjuk Rasa di Pelabuhan

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 22, 2019

0 comments :

Post a Comment