-->

Ini Tujuan Pemkab Dukung Investasi Briket Arang

Posted by PORTALBERAU on 22 May 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU– Pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap rencana investasi yang ingin masuk ke Berau. Dengan banyaknya investasi yang masuk diyakini bakal meningkatkan pembangunan dan berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat.


Hal tersebut disampaikan Bupati Berau, Muharram, dalam pertemuan dengan PT Inshen Mitra Abadi, Rabu (22/5) yang berencana untuk menanamkan investasi di Bumi Batiwakkal untuk pengembangan industri briket arang.

Dalam kesempatan tersebut, Muharram menyampaikan bahwa pemerintah akan memberikan dukungan penuh terhadap rencana investasi ini. Karena menurutnya dengan adanya investasi ini akan menjadi pemacu bagi perkembangan industri di Berau.

“Pemerintah akan memberikan ruang terhadap rencana ini,” jelasnya.

Rencananya, pengembangan industri briket arang yang akan dioperasikan PT Inshen Mitra Abadi dipusatkan di Pelabuhan Mantaritip. Dimana saat ini pelabuhan tersebut sedang dalam tahap pembangunan. Dan tahun ini pemerintah kabupaten telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 40 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan.

“Tentu saja pelabuhan ini harus diimbangi dengan pusat industri dan bisnis. Saya apresiasi dengan perusahaan, meskipun pelabuhan belum selesai tapi sudah mau menanamkan investasi di sana,” katanya.

Namun dalam rencana investasi ini, Muharram meminta agar pemerintah kabupaten dapat terlibat didalamnya. Dengan pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang akan mengurus dalam bagian perijinan.

“Perusahaan yang investasi tapi untuk ijin lokasi akan ditangani BUMD. Jadi lahan ini tetap milik pemerintah kabupaten,” ujarnya.

Sementara Direktur PT Inshen Mitra Abadi, Rudianda menyampaikan bahwa dalam rencana pengembangan industri briket arang ini, pihaknya mengajukan ijin lokasi seluas 20 hektar. Dari pertemuan itu diharapkan bisa menghasilkan proposal kerja sama antara perusahaan dengan pemkab yang dituangkan dalam MoU.

Dipilihnya lokasi di Pelabuhan Mantaritip disampaikan Rudianda bahwa potensi yang ada di sana sangat besar dan strategis. Dengan adanya pelabuhan tentu akan memudahkan perputaran industri di sana nantinya.

“Kita sudah lakukan banyak pertimbangan dan di sana sangat cocok untuk dibangun pengembangan industri ini. Lahan di sana juga masih sangat luas, tentu akan produktif untuk dimaksimalkan,” pungkasnya. (hms5)


» Terimakasih telah membaca: Ini Tujuan Pemkab Dukung Investasi Briket Arang

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 22, 2019

0 comments :

Post a Comment