-->

Pimpin Upacara Harkitnas, Ini Pesan Bupati Untuk Masyarakat

Posted by PORTALBERAU on 23 May 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau mengelar apel gabungan dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111, Rabu (22/5). Dalam acara yang dipusatkan di halaman kantor bupati ini, Bupati Muharram didaulat sebagai inspektur upacara.


Pada peringatan Harkitnas ini, seluruh masyarakat diajak untuk bersama-sama dalam membangun bangsa dengan semangat kuat sehingga dapat menghadapi perkembangan jaman yang terjadi saat ini.

Bupati Muharram membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa Harkitnas merupakan hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Kebangkitan nasional adalah masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi modern yang sebelumnya tidak pernah muncul dalam penjajahan.

“Semangat kebangkitan ini penting dilakukan, agar kita mampu mengaktualisasi diri dalam melakukan inovasi, bekerja keras, tidak bersantai-santai terlebih kepada generasi muda penerus bangsa harus memiliki semangat dalam memajukan bangsa, dan mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa dan dapat berguna bagi negara,” kata Muharram.

Peringatan ini pun harus dijadikan momentum dalam melanjutkan perjuangan di era modern saat ini. Oleh karena itu, perlu adanya penguatan dari dalam setiap masyarakat. Sehingga, pengaruh dari Negara luar yang cukup besar dapat ditangkal dengan modal tersebut.

“Apalagi peringatan ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah,” ujarnya.

Sesuai dengan tema dalam peringatan ini ‘Bangkit Untuk Bersatu’, sehingga harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu dan aktualisasi nilai-nilai persatuan dan menjauhkan pertentangan yang dapat melakukan pecah belah.

“Negara manapun di dunia akan selalu berproses menjadi masyarakat yang bhineka dan majemuk. Seringakali kemajemukan ini dibayangi resiko intoleransi dan ketidak bersatuan. Saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika untuk membangun persatuan dan kebersamaan,” pungkasnya. (hms5)


» Terimakasih telah membaca: Pimpin Upacara Harkitnas, Ini Pesan Bupati Untuk Masyarakat

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 23, 2019

0 comments :

Post a Comment