-->

Ini Upaya Pemkab Kurangi Angka Penduduk Miskin

Posted by PORTALBERAU on 8 May 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Pemerintah Kabupaten Berau terus berupaya dalam mengurangi angka penduduk miskin yang ada setiap tahunnya. Melalui berbagai program mulai dari pemberian bantuan hingga pemberdayaan masyarakat yang kurang mampu untuk memulai usaha. Diharapkan angka penduduk miskin ini dapat dikurangi secara bertahap.


Dari data Dinas Sosial (Dinsos) Berau, angka penduduk miskin ini pada tahun 2015 mencapai 8.849. Data ini berdasarkan pendataan yang dilakukan dilapangan oleh Dinsos yang langsung mendatangi masyarakat bersangkutan. Pendataan pun dilakukan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan kementerian. Dan setelah dilakukan verifikasi kembali didapatkan angka  4.662 dengan kriteria penduduk sangat miskin.
“Kalau dari angka delapan ribu ini termasuk seluruhnya penduduk miskin, termasuk yang masih bisa bekerja dan menjalankan aktivitasnya. Sementara yang empat ribu merupakan penduduk yang sangat miskin. Data ini pun sudah valid dan diakui oleh kementerian untuk menjadi dasar dalam pemberian bantuan,” ujar Kepala Dinsos Berau, Sri Eka Takariyanti.
Eka menegaskan bahwa untuk pemberian bantuan masih diprioritaskan kepada penduduk yang sangat miskin tersebut. Dimana bantuan yang diberikan melalui pemerintah pusat yaitu program keluarga harapan (PKH) dan rastra. 
“Sementara dari pemerintah kabupaten bantuan yang diberikan yaitu untuk korban bencana, lansia dan veteran,” jelasnya.
Ia mengakui bahwa setiap tahunnya terjadi pengurangan penduduk miskin tersebut. Tentu diharapkan agar setiap tahunnya dengan program yang telah dijalankan ini dapat mengurangi angka penduduk miskin dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
“Kita lakukan verifikasi terus. Karena ada beberapa penduduk yang masuk dalam data ini sudah mulai berubah tingkat perekonomiannya. Dan kita juga tegas untuk melakukan pendataan karena ada beberapa kasus yang mengaku miskin,” ungkapnya.
Setiap ketua RT, kelurahan dan kepala kampung diharapkan ikut aktif dalam melakukan pembaharuan data ini. Jika memang ada perubahan diharapkan bisa memberikan laporan langsung kepada Dinas Sosial. Sehingga perubahan dapat dilakukan secepatnya.
 “Yah bisa saja yang bersangkutan meninggal dunia ataupun pindah ke tempat lain, ini harus kita update terus. Sehingga datanya aktual setiap saat,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Ini Upaya Pemkab Kurangi Angka Penduduk Miskin

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 08, 2019

0 comments :

Post a Comment