-->

Jadi Irup Upacara Hardiknas, Ini Yang Disampaikan Bupati Berau

Posted by PORTALBERAU on 3 May 2019


TANJUNG REDEB - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5) di halaman kantor bupati. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Berau, Muharram. Hadir dalam upacara tersebut, Sekkab Berau, Gazali, beserta jajaran pejabat Pemkab Berau, Forkopimda dan peserta upacara diantara mulai dari PGRI, siswa SMA, SMP dan SD.
Pada kesempatan itu, Bupati Muharam membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) RI, Muhajair Effendy. Disampaikan bahwa dilihat dari sudut pandang pendidikan harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara.
Proses belajar pada hakekatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan, dalam hal ini dewasa dalam berdemokrasi perlu terbentuk warga negara yang demokratis, dan ini merupakan tujuan pendidikan nasional.
“Hal ini tertuang pada Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 13 menyebutkan tujuan potensi pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” kata Muharram.
Dalam konsep kontestasi demokrasi, selalu meninggalkan jejak yang bisa menimbulkan kerusakan, perpecahan. Dalam momentum Seperti ini tanggung jawab nasional dipertaruhkan untuk selalu menjaga aset bangsa yang tak ternilai harganya, yaitu semangat kerukunan persaudaraan dan persatuan.
Dijelaskan pula, selama 4 tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo - Jusuf Kalla, difokuskan pada pembangunan infrastruktur, atau sarana pembangunan prasarana transportasi darat, laut dan udara. Mulai jalan tol, jalan pedesaan, pelabuhan dan lapangan terbang.
“Sebagaimana dinyatakan oleh Presiden Jokowi, Indonesia baru memiliki sekitar 39% dari yang seharusnya. Pembangunan infrastruktur dalam 4 tahun terakhir ini dirasakan manfaatnya, disamping pembangunan infrastruktur pemerintahan juga memulai pembangunan dari pinggiran. Keduanya memiliki makna yang sangat mendalam dengan interaksi infrastruktur, khususnya transportasi dan komunikasi konektivitas seluruh wilayah Indonesia dapat diwujudkan dan betul-betul nyata,” terangnya.
Disisi lain dia menjelaskan, pembangunan wilayah pinggiran dapat mempertegas kehadiran dan kedaulatan negara, kalau singa jantan menandai batas wilayah kekuasaannya dengan menebar aroma air seninya. Sedangkan Negara menandai batas kedaulatannya dengan menebar aroma pembangunan besar-besaran di wilayah pinggiran dan perbatasan, dalam rangka menerjemahkan kebijakan tersebut di sektor pendidikan.
Ditambahkan Bupati Muharram, pembangunan sumber daya manusia menekankan 2 penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.
“Dalam pendidikan karakter dimaksudkan, untuk membentuk Insan berakhlak mulia sopan santun tanggung jawab, keterampilan dan kecakapan, di sertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan untuk membutuhkan profesional kerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia di tingkat pusat dan tingkat daerah,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Jadi Irup Upacara Hardiknas, Ini Yang Disampaikan Bupati Berau

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 03, 2019

0 comments :

Post a Comment