-->

Kemeriahan Festival Lesung Osap

Posted by PORTALBERAU on 3 May 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Festival Lesung Osap Dayak Kenyah Badeng, Kampung Bena Baru Kecamatan Sambaliung yang digelar Kamis (2/5) berlangsung meriah. Tradisi turun temurun yang dilaksanakan masyarakat di kampung budaya Bumi Batiwakkal ini, tidak hanya dihadiri masyarakat setempat. Namun wisatawan dari beberapa daerah berdatangan untuk melihat langsung prosesi syukuran atas panen yang disemarakkan dengan pentas seni.


Bupati Berau Muharram dan sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Berau, hadir dan berbaur bersama masyarakat. Berbagai pentas seni yang dibawakan oleh para orangtua hingga anak-anak usia remaja yang sudah terlatih ditampilkan di pesta adat yang rutin digelar setiap tahun. Selain itu pameran produk hasil kerajinan tangan masyarakat Bena Baru juga ditampilkan di arena balai adat Kampung Bena Baru.
Tidak hanya gelang, namun beberapa kerajinan tangan sebagai cenderamata Bena Baru juga banyak dihasilkan dari kampung yang telah ditetapkan sebagai kampung Budaya Kabupaten Berau ini.
Bupati Berau, Muharram, mengaku senang dan bahagia dengan kemeriahan Festival Lesung Osap yang telah dipersiapkan sedemikian hingga olah masyarakat dengan menghadirkan banyak pengunjung. Sehingganya menurut Muharram sangat pantas jika Bena Baru disebut sebagai kampung budaya. Bahkan kedepan, Muharram memberikan dukungan agar pesta adat ini digelar lebih meriah dan lebih baik lagi. “Pesta adat ini tidak hanya menjalankan tradisi turun-temurun, namun juga sangat bagus menjadi daya tarik pariwisata daerah kita,” ungkapnya.
Untuk itu, Bupati Muharram mengajak masyarakat Kampung Bena Baru terus berbenah menjadi kampung tujuan pariwisata. Tidak hanya menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah, namun menjadi dan menciptakan lingkungan kampung yang nyaman harus diwujudkan. Mulai dari membuat taman-taman di setiap lingkungan rumah warga maupun penataan sanitasi yang baik.
Dengan keindahan kampung ini, dikatakannya menjadi daya tarik dan kenangan bagi wisatawan yang datang. Sehingga mereka yang datang akan membawa cerita yang baik untuk akhirnya mendatangkan wisatawan lainnya.
Selain itu, dengan keterampilan yang dimiliki masyarakat Bena Baru diharapkannya dapat terus ditingkatkan sehingga memiliki produk unggulan yang dengan ciri khas tersendiri bagi wisatawan. Pemkab Berau dengan peran dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) disampaikannya, akan memberikan dukungan penuh dalam pengembangan keterampilan untuk menghasilkan produk unggulan.
Kita harus tinggalkan keterampilan dalam menciptakan produk produk unggulan dari daerah ini.” tandasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Kemeriahan Festival Lesung Osap

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 03, 2019

0 comments :

Post a Comment