-->

Pemkab Akan Bangun TPI di Kecamatan Pulau Derawan

Posted by PORTALBERAU on 27 May 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU– Pemerintah Kabupaten Berau berencana membangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kecamatan Pulau Derawan. Mengingat potensi produksi perikanan yang ada di pesisir Utara Berau tersebut sangat besar, sehingga perlu dikelola lebih maksimal lagi.


Dari data Dinas Perikanan Kabupaten Berau, Kampung Tanjung Batu merupakan sentral perikanan untuk wilayah Kecamatan Pulau Derawan dan Maratua. Produksi penangkapan ikan di dua kecamatan ini mencapai 6.737 ton per tahun, produksi budidaya perikanan 1.191 ton per tahun, jumlah kapal perikanan 937 unit, jumlah bagan tancap dan apung 471 unit, jumlah penampung ikan 36 orang, jumlah RTP laut 887 dan jumlah RTP budidaya 320 unit.

Sementara dengan adanya TPI memberikan manfaat seperti pengendalian harga ikan eceran, memudahkan pelayanan administrasi nelayan, kepastian ketersediaan jumlah ikan, membuka akses pasar yang lebih lancer, terjaminnya mutu ikan (ikan segar) dan kemudahan bagi masyarakat untuk memproleh ikan dalam jumlah tertentu baik jenis dan ukuran.

Banyak kegiatan akan dijalankan di TPI ini, seperti pusat pembinaan pengembangan masyarakat nelayan, tempat berlabuh/tambat kapal-kapal perikanan, tempat pendaratan ikan hasil tangkapan dan budidaya, penampungan dan pemasaran hasil perikanan, pembinaan mutu hasil perikanan, pengumpulan data hasil perikanan, perbaikan mesin kapal perikanan dan alat tangkap serta pelayanan usaha kapal perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Berau, Tentram Rahayu menyampaikan pembangunan direcanakan dilakukan di Kampung Bulalung RT 12. Dimana di sana sudah ada dermaga yang dibangun melalui APBN dengan panjang 300 meter. 

Dinas Perikanan akan melakukan penambahan panjang dermaga ini. Selain itu, berbagai fasilitas pun sudah tersedia di sana, salah satunya pos pengamanan dari TNI AL. TPI ini dibangun dengan sharing dana antara pemerintah kabupaten, bantuan keuangan serta swasta.

“Mungkin pengerjaan sudah mulai dilakukan pada tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Menangapi rencana ini, Bupati Muharram mengatakan bahwa pembangunan ini harus direncanakan dengan matang. Sehingga dengan keberadaan TPI di sana memberikan dampat nyata bagi kesejahteraan masyarakat khususnya yang bekerja sebagai nelayan. Ia mengharapkan agar TPI ini bisa memberikan kontribusi juga bagi pembangunan daerah.

“Harus kita analisa lagi, sehingga rencana pembangunan ini memiliki nilai positif bagi perkembangan pembangunan di wilayah pesisir,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Agus Tantomo menegaskan bahwa fasilitas yang akan dibangun ini merupakan hal yang cukup penting. Pertimbangannya yaitu produksi perikanan yang ada di wilayah perairan Derawan dan Maratua cukup tinggi setiap tahunnya. Sehingga diperlukan lokasi untuk mengatur produksi yang sangat besar ini.

“Kita juga bisa menekan kasus penangkapan ikan secara illegal. Dimana ikan hasil penangkapan illegal tidak diperkenankan dimasukan ke sana,” tegasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Pemkab Akan Bangun TPI di Kecamatan Pulau Derawan

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 27, 2019

0 comments :

Post a Comment