-->

Pemkab Berau Kembali Meraih Opini WTP

Posted by PORTALBERAU on 27 May 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU– Kepala BPK Kaltim, R. Cornell Syarief Prawiradiningrat, menyerahkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018.


Penghargaan ini diserahkan langsung ke Bupati Berau, Muharram usai peringatan di Gedung BPK RI Perwakilan Kalimantan Timur, Samarinda, Jumat (24/5).

R. Cornell Syarief Prawiradiningrat mengatakan opini WTP ini diharapkan dapat menjadi pendorong serta pemacu pemerintah daerah untuk melaksanakan transparansi dan akuntabilitas keuangan secara lebih baik di tahun-tahun mendatang.

"Dan kiranya hal ini juga mendorong bagi pemerintah daerah yang belum mampu menghasilkan opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk bekerja lebih keras lagi, memperbaiki tata kelola keuangan daerah sesuai dengan rekomendasi BPK, sehingga di tahun depan, opininya dapat ditingkatkan menjadi Wajar Tanpa Pengecualian," ujar Cornell.


Beberapa hal, menurut BPK, masih perlu dilakukan perbaikan dan menjadi perhatian dalam penguatan Sistem Pengendalian Internal. Yaitu, penerapan pola pengelolaan keuangan BLUD di RSUD dan Puskesmas pada Pemerintah Daerah,  pengelolaan dana BOSDA dan BOSNAS,  pengelolaan dan penatausahaan aset tetap dan aset lainnya yang belum dilaksanakan secara optimal, serta pengelolaan persediaan yang belum dilaksanakan secara memadai.

“Kriteria dalam penilaian ini yaitu kesesuaian laporan keuangan dengan standar akutansi pemerintah, kecukupan informasi laporan keuangan, efektivitas sistem pengendalian interen dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

WTP merupakan bukti bahwa pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara sehat dan transparan.

“Opini WTP ini merupakan wujud pengelolaan keuangan daerah yang sehat, sehingga menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah,” ujarnya.

Sementara Bupati Muharram mengatakan bahwa capaian opini WTP atas laporan keuangan Pemkab Berau, merupakan salah satu indikator dari pengelolaan keuangan daerah yang sehat. Menjadi modal dasar untuk mewujudkan masyarakat yang kuat, mandiri dan berdaya saing.

“Kami mengapresiasi pencapaian opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Kami berharap, predikat ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Muharram dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasihnya atas penilaian BPK RI yang telah memberikan opini WTP. Ia mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pemkab Berau yang didukung oleh masyarakat. Meski telah berhasil mempertahankan opini WTP, namun Muharram mengingatkan jajarannya, agar secara konsisten meningkatkan kinerja termasuk dalam penyusunan laporan pertanggngjawaban.

OPD diminta menyusun laporan pertanggungjawaban secara tepat waktu dan tepat data, sesuai dengan realisasi di lapangan. Sehingga di tahun 2019 ini dan di tahun-tahun berikutnya, Kabupaten Berau bisa terus mempertahankan opini WTP.

Salah satu penekanan Bupati Muharram adalah pendataan aset-aset milik pemerintah. Invetarisasi aset akan memudahkan pemerintah daerah mengelola keuangan dan sumber-sumber pendapatannya.

“Mungkin yang paling penting itu, perencanaan yang disusun tepat sasaran sehingga berdampak nyata pada kesejahteraan masyarakat. Ini yang yang harus kita perhatikan,” jelasnya. (hms5)


» Terimakasih telah membaca: Pemkab Berau Kembali Meraih Opini WTP

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 27, 2019

0 comments :

Post a Comment