-->

Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda

Posted by PORTALBERAU on 10 May 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Bupati Berau, Muharram mendorong agar para pemuda lebih aktif dan inovatif dalam mengembangkan dirinya. Dengan mengasah kemampuan dan kreatifitasnya untuk bersaing dalam dunia usaha. Para pemuda pun didorong untuk untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan.


Menurut Muharram, wirausaha saat ini menjadi salah satu lapangan kerja yang terbuka lebar dan memiliki potensi besar untuk digeluti. Mengingat masih banyak peluang yang bisa diambil dalam dunia wirausaha ini. Tinggal bagaimana kreatifitas dan inovasi yang dimiliki para pengusaha muda dalam bersaing di dunia usaha tersebut.
Ia menilai bahwa dunia kerja saat ini tidak lagi fokus pada pemerintahan maupun perusahaan. Memiliki usaha sendiri dan mengelolanya merupakan tren yang berkembang saat ini. Apalagi saat ini dengan perkembangan teknologi, yang lebih memudahkan pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya.

 “Saya mengajak para kaun muda untuk menumbuhkan semangat berwirausaha. Kalau ada kemauan tentu jalannya muncul. Tinggal bagaimana kita melihat peluang yang ada saat ini,” jelasnya.
Muharram menegaskan bahwa pemerintah kabupaten pun bakal memberikan dukungan penuh dalam mengembangkan semangat wirausaha ini dikalangan pemuda ini. Selain menciptakan lapangan kerja dan menumbuhkan iklim investasi, hal ini juga untuk menjauhkan para pemuda dari bisnis yang sifatnya menjerumuskan seperti narkoba. 

“Masalah ini juga menjadi tantangan yang sangat serius kita hadapi. Tentu kita tidak ingin generasi kita terjeremus pada barang haram ini. Sehingga kita dorong agar mereka memiliki penghasilan yang layak melalui usaha yang digeluti,” katanya.
Peluang dalam pengembangan wirausaha ini pun terbuka lebar. Muharram menyampaikan bahwa setiap tahunnya barang yang masuk melalui peti kemas sangat banyak mencapai puluhan ribu, namun tidak diimbangi dengan barang yang keluar. Tentu hal ini merupakan peluang yang bisa diambil dalam mengembangkan produk lokal. 
“Harusnya bisa seimbang yang masuk dan keluar. Jadi peti kemas yang keluar tidak dalam keadaan kosong, tapi mengangkut barang dari sini. Kan ini menjadi peluang yang bisa diambil. Misalkan kita memasarkan produk dari masyarakat untuk dikirim ke luar daerah,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 10, 2019

0 comments :

Post a Comment