-->

Woooow!!! Ini Jumlah Potensi Zakat Dari ASN

Posted by PORTALBERAU on 24 May 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengelolaan Zakat Oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah disahkan pada tahun 2018 lalu. Saat ini Baznas terus melakukan sosialisasi terhadap peraturan ini sehingga pengumpulan zakat dapat lebih maksimal lagi.


Seperti yang dilakukan pada Kamis (23/5) pagi di Balai Mufakat, Baznas melakukan sosialisasi mengenai peraturan ini kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sosialisasi dibuka langsung oleh Bupati Berau, Muharram.

Dalam laporannya, Ketua Baznas Berau, Radjudin Abdurachman menyampaikan bahwa pihaknya telah beberapa kali melakukan sosialisasi atas pengumpulan zakat ini ke masing-masing OPD dan perusahaan. Dan setelah diterbitkannya peraturan daerah ini, maka pengumpulan zakat akan lebih maksimal lagi.

“Kita harapkan dengan adanya perda ini pengumpulan zakat bisa lebih meningkat lagi. Mudah-mudahan seluruh pegawai bisa tergugah hatinya dalam menjalankan kewajibannya ini. Karena ini hal yang akan dipertanggung jawabkan dari segi agama,” jelasnya.

Semakin meningkatnya pengumpulan zakat ini dikatakan Radjudin akan memberikan kemudahan bagi Baznas dalam menjalankan program-program yang ada. Dimana selama ini Baznas masih belum dapat menjalankan program yang ada dengan maksimal.

“Kita akui ini karena terbatas dalam hal penyaluran zakat. Setiap bulannya kita berikan santunan kepada fakir miskin yang berjumlah 250 dengan dana Rp 300 ribu. Kalau ditotal, setahun mencapai Rp 1 miliar. Padahal masih banyak program yang harus kita jalankan seperit Berau sehat, peduli, cerdas dan makmur,” katanya.

Sementara Bupati Muharram mengatakan bahwa potensi zakat yang bisa dikumpulkan di lingkungan ASN bisa mencapai Rp 5 miliar. Ia menyakini, jika potensi ini bisa termaksimalkan tentu program-program yang akan dijalankan Baznas dapat tercapai yang tentunya membantu pemerintah kabupaten dalam menghapuskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi kita sosialisasi terlebih dahulu kepada seluruh ASN. Agar tidak memberatkan, zakat ini bisa dibayarkan setiap bulan,” katanya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh ASN agar zakat yang dijalankan nantinya tidak dianggap sebagai sebuah beban. Karena menurutnya zakat ini merupakan modal yang akan dipersiapkan di akhirat nanti.

“Zakat ini yang akan menolong kita kelak. Mari kita sucikan harta kita agar bersih,” pungkasnya.(hms5)


» Terimakasih telah membaca: Woooow!!! Ini Jumlah Potensi Zakat Dari ASN

Related Posts

Portal Berau Updated at: May 24, 2019

0 comments :

Post a Comment