-->

Lima Hari di Daerah Bencana, Ini Yang Dilakukan Relawan PMI Berau

Posted by PORTALBERAU on 21 June 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Setelah diberangkatkan dan dilepas langsung, para relawan PMI berjumlah lima orang itu menempuh perjalanan darat selama belasan jam, kini sudah berada di Samarinda.


Setibanya di sana, tidak ada waktu buat mereka bersantai sejenak melepas penat sepanjang perjalanan, mereka justru berjibaku dengan banjir hingga Rabu (20/6).

"Mereka akan membantu evakuasi para korban banjir mulai 16 Juni 2019 lalu, hingga 21 Juni 2019 di Samarinda," kata Ketua PMI Berau, Agus Tantomo melalui Kepala Markas PMI Berau, Etha Setiawan.

Etha menambahkan, ada tiga tugas pokok para relawan PMI yang diperbantukan untuk meringankan beban para korban banjir. Yakni pendistribusian paket sanitary kit, pelayanan kesehatan hingga perbersihan kota akibat banjir.

"Mereka membantu anggota PMI dari daerah lain, serta membantu aparat TNI dan Polri yang turut mengerahkan personelnya," ujarnya.

Selain PMI asal Berau, Etha mengungkapkam ada 10 relawan PMI dari Samarinda dan 3 orang anggota PMI Provinsi Kalimantan Timur yang saling bekerja sama. Sejauh ini, sudah ada 133 kepala keluarga yang menerima manfaat keberadaan relawan asal Kabupaten Berau ini. Mereka juga tercatat telah melakukan evakuasi dan pelayanan lainnya di 95 rumah.

Tidak hanya menyumbang tenaga untuk kemanusiaan, PMI Berau juga menyalurkan bantuan melalui PMI Kota Samarinda.

"Selain membawa barang bantuan, PMI Berau jg mengirimkan lima orang relawan dengan spesialisasi yang berbeda, untuk melakukan pelayanan kesehatan di sana. Di antaranya bidang air dan sanitasi, bidang perawatan keluarga dan keperawatan," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PMI Berau, Agus Tantomo yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Berau mengatakan, perbantuan relawan PMI ini merupakan wujud kepedulian masyarakat Kabupaten Berau melalui penggalangan dana di beberapa lokasi di antaranya Simpang 4, pasar Aji Dilayas dan Tepian Segah.

"Saya atas nama keluarga besar PMI Kabupaten Berau mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada masyarakat Berau yang telah berpartisipasi menyisihkan sebagian rezekinya. Semoga apa yang kita berikan ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang tertimpa musibah," katanya. (hms5)


» Terimakasih telah membaca: Lima Hari di Daerah Bencana, Ini Yang Dilakukan Relawan PMI Berau

Related Posts

Portal Berau Updated at: June 21, 2019

0 comments :

Post a Comment