-->

BPBD Berau Terima Hibah Speedboat dari BNPB

Posted by marta on 24 July 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghibahkan 1 unit speedboat kepada Pemkab Berau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Bantuan tersebut diperuntukkan untuk melayani tanggap darurat di wilayah perairan Berau sekaligus menjadi fasilitas untuk mengawasi lokasi-lokasi objek wisata bahari yang ada di Berau. 

Speedboat tersebut awalnya merupakan usulan yang disampaikan Pemkab Berau kepada BNPB, sebab wilayah perairan Berau yang cukup luas membutuhkan fasilitas penyelamatan di perairan. 

“Beberapa kali juga terjadi kecelakaan di air ini. Oleh karena itu kita sangat memerlukan kendaraan yang bisa menjangkau medan-medan di wilayah perairan kita. Sehingga jika terjadi bencana lagi, pihak kita bisa bergerak cepat ke lokasi,” ujar Kepala BPBD Berau, Thamrin.

Selain itu, Berau merupakan salah satu dari 10 daerah yang menerima bantuan tersebut. Tentu dengan adanya speedboat akan menambah fasilitas penyelamatan yang dimiliki BPBD. 

“Kita dipilih karena pertimbangan wilayah perairan. Kita dianggap layak untuk bantuan ini. Speedboat ini cukup canggih dengan kapasitas mesin 2 x 200 cc dan mampu menampung penumpang 20 orang serta dilengkapi dengan alat dasar pertolongan,” jelasnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya juga akan memberikan pelatihan kepada petugas yang akan mengoperasikan speedboat serta penempatannya akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan. 

“Saat ini speedboat sudah kita terima dan ditempatkan di jeti rumah dinas Bupati. Setelah ada operatornya nanti kita akan susun penempatannya,” ungkapnya.

Dengan tambahan armada speedboat tersebut membuat sarana dan prasarana yang dimiliki BPBD sudah cukup mumpuni. 

“Seperti di daerah sungai yang kecil, kita masih perlu perahu kecil untuk menjangkau. Ini masih kita evaluasi lagi,” imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati Agus Tantomo menyampaikan bahwa dengan adanya speedboat tersebut bakal menjadi bagian dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata. Dimana sejauh ini ada beberapa musibah yang terjadi di lokasi wisata, seperti yang terjadi beberapa waktu ada wisatawan yang mengalami masalah pada saat melakukan penyelaman.

“Kita apresiasi atas bantuan ini. Karena saat ini kita kan fokus untuk mengembangkan sektor pariwisata. Dengan tambahan fasilitas speedboat penyelamat ini tentu akan memudahkan dalam pemantauan kawasan perairan kita khususnya di destinasi wisata,” pungkasnya. (*/Tim)

» Terimakasih telah membaca: BPBD Berau Terima Hibah Speedboat dari BNPB

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 24, 2019

0 comments :

Post a Comment