-->

Datangi Rutan Kelas IIB, Ini Yang Dilakukan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kaltim

Posted by PORTALBERAU on 22 July 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kalimantan Timur didampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan Tenggarong, Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Tanjung Redeb beserta jajaran melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak), Senin (22/07/2019) sekitar pukul 10:00 WITA.


Sidak kali ini bertujuan untuk melakukan monitoring serta pemantauan secara langsung terhadap sistem Registrasi, Perawatan, Pembinaan dan Keamanan yang diterima oleh warga binaan selama masa tahanan.

Ka.Divpas Kanwil Kemenkumham Kaltim Marselina Budiningsih menuturkan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari Divisi Pemasyarakatan (PAS) dalam melaksanakan Pembinaan, Monitoring, Pengawasan dan Pengendalian (Bintorwasdal) di semua Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) yang berada wilayah Kalimatan Timur.


“Jadi ke-empat elemen tadi (Registrasi, Perawatan, Pembinaan, dan Keamanan-red) kita lihat apakah sudah benar-benar diikuti dan sesuai dengan prosedur atau belum, jadi ini kita lakukan dalam rangka memberikan hak dan asasi warga binaan secara optimal,” katanya.

Lanjut Marselina, selama pengecekan di masing-masing blok warga binaan ia melihat beberapa sel yang perlu dilakukan peningkatan sarana dan prasarana sesuai dengan standar HAM.

“Secara ideal saya melihat khusus di Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb ini perlu adanya penambahan blok karena ada beberapa sel yang saya lihat itu melebihi kapasitas. Selain itu, perlu adanya peningkatan saluran sanitasi agar warga binaan kesehatannya bisa lebih terjaga.

Sementara, Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb, Dwi Hartono berharap dengan adanya kunjungan kali ini dapat lebih meningkatkan kualitas pegawai dan

“Saya sangat berterima kasih atas kunjungannya (Ka.Divpas Kanwil Kemenkumham Kaltim beserta tim-red) karena ini memang harapan kita, sebagai evaluasi kegiatan maupun tugas-tugas kita (Pegawai Rutan-red) sehari-hari agar lebih baik lagi kedepannya.

Untuk itu dirinya berharap agar evaluasi yang diberikan Kanwil Kaltim kali ini dapat terwujud, perlu adanya dukungan serta kontribusi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Berau. (*)

» Terimakasih telah membaca: Datangi Rutan Kelas IIB, Ini Yang Dilakukan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kaltim

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 22, 2019

0 comments :

Post a Comment