-->

Pemkab Gelar Rapat Revisi RPJMD Kabupaten Berau 2016-2021

Posted by PORTALBERAU on 11 July 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU – Pemerintah Kabupaten Berau mengelar revisi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Berau tahun 2016-2021. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat Kakaban Kantor Bupati Berau, Rabu (10/7). Pelaksanaan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Berau, Muharram.


Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Berau, Syarifaul Syadiah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta sejumlah organisasi masyarakat. Kegiatan ini sendiri sesuai dengan amanan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Melalui revisi ini diharapkan bisa mencapai keselarasan serta kesepakatan bersama terhadap tujuan dan strategi arah kebijakan dalam program pembangunan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Muharram menyampaikan bahwa perubahan atau revisi RPJMD ini dipengaruhi oleh kebijakan secara nasional dari pemerintah pusat. Sehingga ada kewenangan yang juga perlu dilakukan perubahan di daerah. Begitu juga dengan perubahan struktur OPD sehingga ada penyesuaian. 

“Selain itu juga ada perubahan signifikan terkait aplikasi anggaran yang turun ke daerah,” jelasnya.

Muharram juga memaparkan terkait pencapai yang telah diproleh pemerintah daerah sesuai dengan visi pembangunan daerah, seperti capaian indicator indeks pembangunan manusia, angka kemiskinan, angka pengangguran. Selain itu pada tahun 2017 dan 2018 lalu, Berau juga mendapatkan capaian tertinggi dalam laporan keuangan dengan WTP. “Kita juga dinilai memiliki capaian kinerja tinggi serta pelayanan publik mendapatkan raport hijau,” ujarnya.

Kemudian dalam pengembangan desa, Muharram menegaskan bahwa komitmen pemerintah daerah untuk memandirikan desa melalui alokasi dana kampung (ADK) telah terlihat. Bahkan dalam tiga tahun terakhir ini, Berau mendapatkan juara pertama dalam perlombaan kampung tingkat provinsi. Tentu diharapkan kedepannya setiap desa/kampung lebih berkembang bahkan mandiri sehingga terjadi pemertaan dan peningkatan pembangunan. 

“Ini merupakan target yang harus kita capai. Dengan mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kemandirian desa,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Pemkab Gelar Rapat Revisi RPJMD Kabupaten Berau 2016-2021

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 11, 2019

0 comments :

Post a Comment