-->

Realisasikan Program Sit in, Kampus STIEM Kirim Dua Mahasiswa ke Thailand

Posted by PORTALBERAU on 19 July 2019



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Dua mahasiswa Kampus STIEM tanjung Redeb, berhasil mengikuti program pertukaran mahasiswa ke Thailand.  Kedua mahasiswa tersebut adalah Nova Tri Angraini, yang merupakan mahasiswa semester 7 dan Fardilla Sandi Andayani,  mahasiswa semester 3.


Program pertukaran mahasiswa yang merupakan tindaklanjut dari program kerjasama STIEM dan Rajamangala University of Technology Krungthep International College Thailand pada tahun 2018 lalu tersebut akan berlangsung selama kurang lebih dua bulan penuh. 


Wakil Ketua I STIEM Tanjung Redeb, M Bayu mengungkapkan sebelumnya STIEM juga telah mengirimkan satu orang pelajar ke Brunei Darusalam dalam program yang sama selama enam bulan. 


“Kalau yang ke Thailand ini mengikuti program Sit in Program yang hanya dua bulan saja. Di sana mereka akan mengikuti lima mata kuliah,” ujarnya.


Saat ini, STIEM telah melakukan program kerja sama dengan 10 perguruan tinggi di luar negeri, diantaranya Malaysia, Brunei Darusalam, Thailand dan Inggris. Dan untuk realisasi pertukaran mahasiswa  masih dilakukan pada dua negara saja, yakni Brunei Darusalam dan Thailand.


Dalam program ini, diharapkan para mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar bisa mendapatkan banyak pengalaman. Dan apa yang telah didapat tersebut bisa dibagi kepada mahasiswa lainnya di STIEM. 


“Mata kuliah yang diikuti ini sebagian besar bersifat internasional. Kita harapkan apa yang telah diperoleh bisa diterapkan di sini, bagaimana pembelajaran di sana. Selain itu pengalaman secara sosial juga untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa yang ikut,” jelasnya.


Saat ini STIEM juga telah mempersiapkan diri dalam program ini. Dalam waktu dekat ini, STIEM akan membuka Sit in Program. 


“Kita juga telah membentuk lembaga hubungan internasional. Dosen yang mengajar di sini memiliki kemampuan berbahas inggris yang fasih. Ini menjadi persiapan kita untuk pertukaran mahasiswa dari negara luar ke sini,” katanya.


Program ini sendiri mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Berau. Bupati Berau, Muharram menyampaikan dengan adanya pertukaran mahasiswa ini menunjukkan bahwa perguruan tinggi di Bumi Batiwakkal juga telah memperlihatkan perkembangan yang luar biasa. Melalui program ini diyakini bakal ada peningkatan kapasitas SDM. 


“Kita harapkan agar perguruan tinggi kita di sini semakin berkembang maju dan menghasilkan lulusan terbaik untuk melanjutkan pembangunan di daerah,” pungkasnya. (*/Tim) 

» Terimakasih telah membaca: Realisasikan Program Sit in, Kampus STIEM Kirim Dua Mahasiswa ke Thailand

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 19, 2019

0 comments :

Post a Comment