-->

Waaaah, Nilai Audit Kinerja PDAM Tirta Segah Meningkat

Posted by PORTALBERAU on 1 July 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU -Diwakili oleh Mujono Korwas Bidang Akuntansi Negara, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kaltim menyerahkan hasil evaluasi kinerja PDAM Tirta Segah Kabupaten Berau tahun buku 2018 kepada Saipul Rahman, Direktur PDAM Tirta Segah Kabupaten Berau, Jumat (27/6).


Mujono menjelaskan bahwa audit kinerja ini salah satunya bertujuan membantu PDAM untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan kontinyuitas pelayanan masyarakat. Laporan ini mengevaluasi kinerja PDAM berdasarkan kriteria BPPSAM (Badan Peningkatan Penyelenggaran Sistem Penyediaan Air Minum) dan kriteria Kepmendagri nomor 47/1999 tentang Pedoman Penilaian Kinerja PDAM.

Menurut Mujono, berdasarkan BPPSAM, tingkat kesehatan PDAM Tirta Segah mendapatkan skor tergolong "sehat" dengan nilai 3,98 yang sedikit lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya 3,96. Adapun kinerja PDAM berdasarkan Kemendagri Nomor 47/1999, PDAM Berau mendapat nilai 70,68 (baik) yang berarti mengalami kenaikan 7,60 poin dari tahun lalu yang masih 63,08.

"Peningkatan ini terutama disumbang oleh kinerja keuangan PDAM Berau yang membaik. Laporan Keuangannya sudah diaudit oleh KAP dengan opini wajar tanpa pengecualian," ujar Mujono.
"Hasil ini tentu menjadi motivasi tersendiri bagi kami karena tahun lalu PDAM Tirta Segah berhasil menjadi PDAM terbaik se-Indonesia versi BPPSPAM untuk kategori 10 ribu-20 ribu pelanggan dengan nilai yang lebih rendah dibandingkan tahun ini. Semoga tahun ini peringkat terbaik tersebut bisa kita pertahankan,” sambut Saipul.

Meski demikian Saipul tidak langsung puas karena menurutnya masih banyak tantangan dan kekurangan yang harus diperbaiki dan ditindaklanjuti dari evaluasi kinerja oleh BPKP tersebut.
"Realisasi penyambungan baru masih menjadi catatan dari BPKP agar segera kita tuntaskan," ujar Saipul.
Dihubungi terpisah, Bupati Berau Muharram menyambut baik hasil ini dan meminta agar direksi PDAM memperhatikan saran dan rekomendasi BPKP.

"Semoga hasil ini dapat dimaknai sebagai keseriusan Pemkab Berau dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat Berau. Saya selalu pantau kinerja PDAM baik langsung ke direksi maupun ke masyarakat, " terang Muharram.

Lebih lanjut Muharram menargetkan penuntasan kebutuhan air bersih untuk seluruh wilayah Kabupaten Berau khususnya daerah perkotaan dan kampung kampung.

"Memang kita masih terkendala khususnya untuk kampung-kampung terpencil tapi kita coba carikan solusi terbaik misalnya dengan Pamsimas," pungkas Muharram. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Waaaah, Nilai Audit Kinerja PDAM Tirta Segah Meningkat

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 01, 2019

0 comments :

Post a Comment