-->

Siapkan Berbagai Ikan Segar di Acara Irau Manutung Jukut

Posted by PORTALBERAU on 27 September 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU– Masyarakat diundang untuk meramaikan dan ikut serta dalam Irau Manutung Jukut atau pesta bakar ikan yang akan digelar pada hari Minggu 29 September nanti. Dalam kegiatan ini, panitia telah menyediakan berbagai ikan segar yang ada di masing-masing stand.


Kepala Dinas Perikanan Berau, Tentram Rahayu mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam memperingati hari jadi Kabupaten Berau yang ke 66, sekaligus hari jadi Kota Tanjung Redeb yang 209. Pelaksanaannya digelar di sepanjang Jalan Antasari, Ahmad Yani dan Tendean. “Untuk jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 139, sementara petak yang kita sediakan 244,” jelasnya.
Dalam pelaksanaanya, ikan-ikan yang telah disediakan ini akan difokuskan kepada setiap kecamatan. Jadi para camat yang akan mengatur dalam distribusi ikan sekaligus pembakaran ikan ini. “Jadi dalam bakar ikan ini kita mengambil tema pelayanan kepada masyarakat. Silahkan saja masyarakat datang ke masing-masing stand sesuai dengan status wilayahnya. Jika dia warga Tanjung Redeb, datang ke kecamatan Tanjung Redeb. Ikan sudah disediakan untuk dibakar. Selain itu masing-masing OPD juga tetap melayani masyarakat yang datang untuk makan ikan,” ujarnya.
Tahun ini, kata Tentram, Pemkab Berau juga akan menggunakan konsep yang berbeda dengan tahun lalu. Perubahan konsep ini dilakukan setelah evaluasi dari Irau Manutung Jukut tahun-tahun sebelumnya. 
“Karena Irau Manutung Jukut ini menjadi kegiatan rutin yang digelar setiap tahun, maka kami terus berupaya meningkatkan kepuasan masyarakat. Masyarakat tidak perlu takut untuk datang, silahkan saja sesuai dengan kecamatannya atau kelurahan dan RT masing-masing. Yang pasti ditegaskan ikan mentah jangan dibawa pulang,” ujarnya.
Menurut Tentram, konsep Manutung Jukut sejak awal memang diperuntukan bagi masyarakat Berau. “Namanya saja pesta rakyat, harusnya masyarakat yang menikmati acara ini,” tegasnya.
Dalam pelaksanaanya juga panitia telah menyusun petak-petak sesuai dengan bagiannya, seperti kecamatan, OPD, sekolah dan perbankan dan lainnya. “Kalau tahun lalu kan terpencar-pencar jadi tidak maksimal. Tahun ini juga ada penilaian untuk kategori umum, sekolah dan OPD di setiap stand,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Siapkan Berbagai Ikan Segar di Acara Irau Manutung Jukut

Related Posts

Portal Berau Updated at: September 27, 2019

0 comments :

Post a Comment