-->

Hari Kesaktian Pancasila, Ini Harapan Bupati Kepada Pemuda

Posted by PORTALBERAU on 2 October 2019


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU - Pemerintah Kabupaten Berau bersama sejumlah intansi lainnya serta pelajar sekolah dan mahasiswa mengelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10) di halaman kantor bupati. Dalam peringatan ini, Bupati Berau Muharram menekankan arti pentingnya mempertahankan nilai-nilai pancasila di tengah kemajuan jaman.


Melalui peringatan tersebut, seluruh masyarakat diajak untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berbagai persoalan dihadapi para pejuang bangsa, karena tanpa adanya perjuangan tersebut maka kemerdekaan yang saat ini dirasakan seluruh rakyat tidak akan dapat dinikmati. 

“Ini merupakan momen bagi kita untuk kembali mengingat pahlawan kita,” jelas Muharram usai upacara.

Ia menjelaskan, Hari Kesaktian Pancasila ini masih erat kaitannya dengan Gerakan 30 September. Ia berharap, dengan adanya pengamalan Pancasila dalam hidup bernegara dan berbangsa menjadi antisipasi untuk mencegah terjadinya pergerakan seperti itu lagi. Apalagi saat ini tantangan yang dihadapi bangsa semakin besar baik dalam dalam maupun luar. “Kita dari pemerintah terus berupaya melalui berbagai program yang ada untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Menjawab tantangan yang semakin beragam ini, pemuda harus dapat memberikan contoh bagi masyarakat luas. Menurut Muharram, pemuda seharusnya menjadi corong dalam pengamalan nilai-nilai perjuangan, sehingga pondasi yang telah ditanamkan pejuang dapat dilanjutkan. 

“Saat ini bermunculan ideologi baru. Bukan tidak mungkin suatu saat nilai pancasila ini terdegradasi oleh ideologi lain. Dan hal itu sudah bisa kita lihat saat ini. Oleh karena itu, ini menjadi persoalan yang harus kita selesaikan bersama sehingga keberlangsungan pancasila sebagai dasar Negara dapat dipertahankan terus hingga masa yang akan datang,” pungkasnya. (hms5)

» Terimakasih telah membaca: Hari Kesaktian Pancasila, Ini Harapan Bupati Kepada Pemuda

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 02, 2019

0 comments :

Post a Comment