-->

Penyaluran Dana Bergulir Tunggu Hasil Kajian Akademis

Posted by marta on 5 March 2018


TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Meskipun ada kebijakan baru dalam proses pencairan dana Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) untuk koperasi dan UKM, yang dipangkas menjadi 21 hari dari 3 bulan, ternyata belum berlaku di Kabupaten Berau. Pasalnya, hingga saat ini, untuk kebijakan pencairan dananya masih menunggu hasil kajian akademis.


Ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/3/2018), Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau, Wiyati, menjelaskan jika terkait masalah dana bergulir ini memang seharusnya sudah berjalan. Tetapi untuk di Berau sendiri, diakuinya masih belum bisa lantaran ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan.

"Ini masih tahap persiapan ya, mempersiapkan kelembagaannya sehingga pengucuran dananya nantinya akan melalui dana Anggaran Biaya Tambahan (ABT). Dan ini belum bisa dialokasikan di awal tahun 2018 kemarin karena belum ada lembaganya seperti Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)," terangnya.

Rencana mendukung pembiayaan koperasi dan UKM ini memang masuk dalam program pemerintah, yang diharapkan penyaluran dananya melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD). Hal ini, diakui Wiyati selain memberikan kemudahan pencairan dana melalui 1 pintu, juga bisa mengontrol UKM yang ada khususnya di Berau.

"Kan kalau UKM ini sifatnya perorangan, yang sulit dipertanggungjawabkan karena tidak ada yang menanggung, jadi kalau lewat kelembagaan 1 wadah misalnya koperasi, akan lebih efisien. Apalagi bapak Bupati Berau juga berharap dana bergulir yang disalurkan ini nantinya tanpa jaminan dan tanpa bunga, nah kalau kita tidak kenal dengan si pemilik UKM misalnya, terus setelah mendapatkan dana orangnya menghilang atau apa, kan sulit melacaknya. Berbeda jika UKM tersebut sudah masuk dalam lembaga berbadan hukum, maka semua data UKMnya akan terlampir," tegasnya.

Jikapun proses pencairan dan penyaluran dana bergulir ini sudah mulai berjalan, diharapkan akan tepat sasaran, yakni memang peruntukkannya untuk perkembangan UKM yang ada. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Penyaluran Dana Bergulir Tunggu Hasil Kajian Akademis

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 05, 2018

0 comments :

Post a Comment