-->

13 Ribu Lebih KBS Sudah Disebar di 13 Kecamatan

Posted by marta on 5 March 2018

 
 
TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Setelah dilaunching pada HUT ke-64 Kabupaten Berau dan ke-207 Kota Tanjung Redeb pada September 2017 lalu, Kartu Berau Sejahtera (KBS) yang merupakan salah satu program yang masuk dalam janji politik Bupati Berau, Muharram dan Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, sudah berjalan sejak awal Februari lalu. Bahkan, KBS yang ada sudah dibagikan secara berkala ke 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Berau.

Sebanyak 3.628 Kepala Keluarga (KK) dengan total jumlah 13 ribu lebih, orang yang sudah menerima KBS tersebut.Tetapi, jumlah yang ada masih bisa bertambah, sesuai dengan kondisi di lapangan. Hal ini dijelaskan oleh Kepala UPTD Pelayanan Terpadu Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial, Marwati, ketika ditemui portalberau.com, Senin (05/03/2018), di ruang kerjanya.

Dikatakannya, untuk jumlah penerima KBS yang tercatat saat ini adalah jumlah yang belum valid, dimana setiap tahunnya akan diadakan verifikasi ulang sesuai kondisi yang ada, misalnya kalau dalam keluarga tersebut ada kelahiran maka akan ditambahkan datanya. Sebaliknya, jika ada kematian, maka data orang yang meninggal dunia tersebut pun akan dihapus dari daftar nama dalam KK penerima KBS.

"Kan KBS ini diperuntukkan untuk tiap KK, maksudnya, setiap anggota keluarga yang tercatat namanya di dalam KK yang sama, bisa mempergunakan KBS tersebut, misalnya untuk ayah, ibu, dan anak, atau jika ada tercantum nama kerabatnya di dalam KK juga bisa menggunakan KBSnya. Dan data yang masuk saat ini masih sesuai KK. Tiap tahunnya nanti akan kami lakukan verifikasi atau penyesuaian data yang ada," terangnya.

Sedangkan untuk penerima KBS tersebut, dikatakan Marwati, merupakan keluarga golongan tidak mampu. Karena fungsinya sebagai pengganti surat keterangan tidak mampu, maka KBS memang hanya diberikan kepada keluarga miskin.

"Makanya untuk verifikasi data apakah si penerima ini memang keluarga tidak mampu atau tidak, diharapkan peran aktif dari RT, yang kemudian direkomendasikan ke kelurahan, kecamatan, dan kemudian data validnya masuk Dinas Sosial yang selanjutnya ke kami (UPTD,red) sebagai pelaksana teknisnya," tegasnya.

Ada 8 pelayanan yang masuk dalam KBS, yakni jaminan kesehatan, beasiswa pendidikan untuk pelajar dan mahasiswa, pelatihan persiapan kerja, pelatihan kewirausahaan, pembuatan akta kelahiran, KTP dan KK secara murah dan gratis, santunan lanjut usia (lansia), serta santunan kematian, maupun program bantuan modal usaha untuk pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).(Tim)

» Terimakasih telah membaca: 13 Ribu Lebih KBS Sudah Disebar di 13 Kecamatan

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 05, 2018

0 comments :

Post a Comment