-->

Mogok Jualan, Pedagang Pasar SAD Layangkan Protes

Posted by marta on 17 April 2018

Foto by Ferybahagia
TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Aksi protes, kembali dilayangkan pedagang Pasar Sanggam Adji Dilayas (SAD), Teluk Bayur, kepada Pemkab Berau.

Aksi tersebut dilakukan di halaman Kantor Bupati Berau, Selasa (17/4/2018), pukul 09.00 Wita, yang diikuti oleh puluhan pedagang pasar SAD, terkait maraknya penyelenggaraan bazar dan pasar malam di Tanjung Redeb, khususnya di Lapangan GOR Pemuda, yang dinilai merugikan pedagang di Pasar SAD.

Pada aksinya, pedagang menuntut Pemkab Berau untuk bersikap lebih bijak dalam mengeluarkan surat izin kegiatan bazar maupun pasar malam yang dilaksanakan di luar Pasar SAD.

Foto by Ferybahagia
Seperti yang diungkapkan salah seorang pedagang, yang mengatakan sepinya pengunjung di Pasar SAD, khususnya pasar kering, salah satunya akibat maraknya pasar malam serta bazar yang dilaksanakan di Tanjung Redeb dan sekitarnya.

Padahal, menurut pedagang tersebut, Pasar SAD merupakan tempat resmi yang dibangun Pemkab untuk kegiatan jual beli baik pasar malam, maupun bazar dan sebagainya.

“Pasar yang resmi sekarang kondisinya sepi, ini karena banyaknya bazar dan pasar malam di luar Pasar SAD. Ini jelas merugikan pedagang seperti kami. Apalagi, barang yang dijual di bazar atau pasar malam sama dengan barang yang dijual di Pasar SAD, seperti baju, tas, sandal dan sepatu. Boleh ada pasar malam atau bazar, tapi jangan terlalu sering, dan kalau bisa jualnya juga jangan barang yang sama seperti yang dijual di Pasar SAD, misalnya sebatas kerajinan tangan saja,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, yang menghadapi aksi protes tersebut, menyebutkan akan menampung aspirasi yang diungkapkan para pedagang. Namun, keberadaan pasar malam ataupun bazar untuk menyambut Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), dikatakan Agus saat ini telah disepakati.

“Kita akan koordinasikan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) terkait tidak boleh ada penjual baju, tas, kain dan sebagainya di pasar malam atau bazar. Tapi kalau sebatas kuliner, silahkan saja. Dan nantinya, untuk pasar malam dan bazar saat MTQ itu sudah disepakati akan dilaksanakan,” tandasnya.

Selain melakukan aksi di Kantor Bupati Berau, banyak pedagang di Pasar SAD juga bersepakat untuk mogok jualan dengan menutup seluruh rukonya sebagai bentuk protes. Namun tidak diketahui hingga kapan mogok jualan tersebut dilakukan pedagang. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Mogok Jualan, Pedagang Pasar SAD Layangkan Protes

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 17, 2018

0 comments :

Post a Comment