-->

PT Berau Coal Gelar Exercise ISPS Code VII, Simulasi Amankan dari Pembajakan

Posted by marta on 27 February 2018


PULAU DERAWAN, PORTALBERAU- PT Berau Coal kembali melaksanakan kegiatan simulasi atau Exercise International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code VII, pada Jumat (23/2/2018), lalu.

Kegiatan tersebut merupakan gagasan dari PT Berau Coal sebagai bentuk kode pengamanan untuk fasilitas pelabuhan baik dari pembajakan dan kejahatan lain yang bisa saja terjadi di pelabuhan. ISPS Code sudah mulai dilaksanakan pada 2005 atau sejak 13 tahun lalu. 


Disampaikan Port Facility Security Officer (PFSO), Capt Hasanul Haq Batubara, Exercise ISPS Code dilaksanakan secara periodik setiap 18 bulan sekali dan 3 bulan sekali untuk internal perusahaan yang memiliki fasilitas pelabuhan. 


“Ini adalah bagian dari upaya kita memberikan jalur atau melatih semua personil dengan fasilitas yang ada. Dan juga membangun jaringan komunikasi jika suatu waktu terjadi gangguan keamanan pada fasilitas pelabuhan kita,” ujarnya saat diwawancarai portalberau.com usai pelaksanaan kegiatan.



Dibandingkan pada 2016 lalu, pelaksanaan Exercise ISPS Code VII kali ini cukup berbeda. Pasalnya, kali ini kegiatan melibatkan para TNI AL Lantamal 13 Tarakan, di mana sebelumnya yang terlibat adalah Kepolisian Resor (Polres) Berau.


“Perbedaan lainnya dari tahun sebelumnya, kita melaksanakannya langsung di Muara Pantai yang berdekatan dengan pelabuhan milik Pemerintah Indonesia yang dikelola PT Berau Coal. Kalau tahun sebelumnya di Sungai Segah,” jelasnya. 


Simulasi yang dilaksanakan tersebut diawali dengan adanya sebuah unit LCT milik PT Berau Coal yang membawa logistik seperti bahan bakar, air tawar maupun satu unit dozer. Namun di tengah perjalanan menuju Muara Pantai, LCT tersebut dibajak sekelompok orang. Bahkoda kapal pun dengan sigap melaporkan yang terjadi langsung kepada PFSO PT Berau Coal yang merupakan penanggungjawab keamanan pada segala fasilitas pelabuhan PT Berau Coal. 


Usai menerima laporan dari nakhoda kapal LCT, PFSO kembali meneruskan laporan kepada Port Security Officer yang merupakan kantor Pelabuhan Tanjung Redeb.

PSO kemudian berkoordinasi kepada Port Security Committe (PSC) dan langsung meminta bantuan pada Lantamal 13 Tarakan. 


“Skenarion kami kali ini, pasukan sudah berada di pos angkatan laut Pulau Derawan. Sehingga pergerakan dari pol AL Derawan ke tempat kejadian perkara (TKP) hanya sekitar 35 menit,” tandasnya. (Tim/Advertorial)



» Terimakasih telah membaca: PT Berau Coal Gelar Exercise ISPS Code VII, Simulasi Amankan dari Pembajakan

Related Posts

Portal Berau Updated at: February 27, 2018

0 comments :

Post a Comment