-->

Hiu Paus Tak Akan Bisa Berkembang Biak di Ruangan Terbatas

Posted by marta on 16 March 2018

 

Sumber foto : Mongabay

TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Wacana pemindahan Hiu Paus (Whaleshark) dari perairan Berau ke Taman Impian Jaya Ancol, juga ditanggapi oleh peneliti dari Rare Aquatic Species of Indonesia (RASI), Danielle Kreb. Dihubungi melalui telepon Whatsapp, dirinya pun mengaku tidak setuju dengan adanya wacana tersebut.


Sebagai peneliti yang sudah berkecimpung di Indonesia sejak 18 tahun lalu, dan sudah melakukan penelitian di perairan Berau sejak 1999, ia menjelaskan jika hewan yang merupakan spesies ikan terbesar di dunia ini, sudah terbiasa dengan habitat atau tempat hidupnya yang merupakan lautan lepas, dimana Whale Shark ini juga sering bermigrasi, sesuai dengan keberadaan ketersediaan makanannya.

"Banyak faktor yang tidak mendukung jika Whale Shark ini dipindahkan dari habitatnya. Selain terbiasa di lautan luas tanpa batas, ikan terbesar ini juga sangat sulit berkembang biak. Jangka waktu untuk kawin saja harus menunggu sampai 40 tahun, itupun di habitat aslinya. Nah, bagaimana kalau dipindahkan? Sudah pasti Hiu Paus ini tidak akan bisa berkembang biak dengan baik," jelasnya kepada portalberau.com, Jumat (16/3/2018).

Selain itu, jenis Whale Shark Betina justru yang paling susah menyesuaikan kondisi dengan tempat baru. Jika dipaksa, menurutnya bisa saja ikan akan mengalami stress, sehingga nafsu makan pun hilang dan yang terburuk akhirnya mengalami kematian.

"Bisa-bisa nanti Whale Sharknya belum bisa berkembang biak malah sudah mati duluan kan. Dan tidak bisa dipungkiri jika si Hiu Paus ini tetaplah seekor ikan Hiu, yang pada suatu waktu tertentu bisa saja merasakan ketidaknyamanan ketika terkena sentuhan manusia. Sedangkan kalau di akuarium atau konservasi, pasti ada waktunya hal tersebut terjadi, yang membuat Hiu Pausnya kehilangan kontrol dan mudah tertekan," tambahnya.

Meskipun waktu hidupnya bisa mencapai 100 tahun, tetapi bukan tidak mungkin akan memendek jika Whale Shark tersebut sering mengalami stress dan ketidaknyamanan di tempat yang bukan habitatnya. Dan perairan Berau yang selama ini menjadi habitatnya, pastinya memiliki sesuatu yang membuat Hiu Paus tersebut betah di sana.

"Plankton, yang merupakan makanan Whale Shark ini, kemungkinan besar banyak tersedia di perairan Berau, sehingga rombongan Hiu Pausnya betah. Kalau dipindahkan ke Ancol, bagaimana dengan penyediaan makanannya nantinya?," ujarnya.

Menurut wanita kelahiran Belanda yang akrab disapa Danielle ini, jika memang pihak Taman Impian Jaya Ancol tertarik untuk melakukan penelitian, riset, maupun edukasi, tidak harus memindahkan Whale Shark dari habitatnya. Dan banyak alternatif lain yang bisa dilakukan dalam rangka pengenalan si Hiu Paus ke wisatawan, misalnya dengan pamflet, penyediaan informasi secara detil tentang Whale Shark, yang tentunya bisa memberikan rasa penasaran bagi wisatawan untuk berkunjung ke Berau.(Tim)


» Terimakasih telah membaca: Hiu Paus Tak Akan Bisa Berkembang Biak di Ruangan Terbatas

Related Posts

Portal Berau Updated at: March 16, 2018

0 comments :

Post a Comment