-->

Begini Modus Baru Pencurian Ikan di Laut Indonesia

Posted by marta on 8 April 2018

Sumber Foto : Siar.com
JAKARTA, PORTALBERAU- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengatakan para pelaku penangkapan ikan ilegal kini telah memiliki modus baru dalam menjalankan aksinya. Bila dulu pencurian ikan dilakukan kapal asing di perairan Indonesia, kini justru memakai kapal Indonesia yang kemudian dikirim keluar secara ilegal kepada kapal asing.

"Jadi illegal fishing di Indonesia yang sekarang terjadi adalah kapal-kapal kita, kapal-kapal milik perusahaan Indonesia, buatan Indonesia melakukan penangkapan," ungkap dia di Jakarta, Sabtu (7/3/2018).

"Akhirnya diekspor secara ilegal. Tidak tercatat, yaitu dengan transhipment kepada kapal-kapal yang lewat," tambah dia.

Dia pun mengatakan bahwa modus ini sudah disiapkan sehingga penangkapan ikan secara ilegal tetap berlangsung, meskipun kapal asing tidak beroperasi di perairan nusantara.
"Ini memang sudah diorganisasikan. Mereka mengorganisasi penjemputan, penampungan di tengah laut," lanjut dia.

"Jadi sekarang modusnya berganti, bukan kapal asing tangkap, tapi kapal Indonesia, perusahaan Indonesia terafiliasi dengan mereka ini, yang melakukan penangkapan ikan dan melakukan transhipment dengan cara-cara yang telah diatur," kata dia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder yang terlibat untuk tidak hanya menggaungkan pelestarian hiu dan pari, tetapi juga diikuti dengan aksi di lapangan.

Ia menyampaikan hal tersebut saat membuka Simposium Hiu dan Pari di Indonesia ke-2 di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Rabu (28/3/2018).

Acara ini dimaksudkan untuk bisa menggali informasi mengenai data dan informasi demi bisa dijadikan blue print dalam pengelolaan dan pelestarian hiu dan pari.

Susi menuturkan, sosialisasi dan kampanye harus dilakukan secara masif di lapangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa, mulai dari pengusaha hingga ke restoran.

“Kita harus terjun ke lapangan, datangi restoran-restoran seafooduntuk mengampanyekan jangan lagi menjual menu dengan bahan sirip hiu,” ujar Susi.

Susi Pudjiastuti menceritakan, saat masih remaja, dirinya sering menemukan hiu dan pari ini di laut Indonesia. Namun, saat ini hewan laut tersebut seakan langka ditemukan. Ada beberapa hal sebagai penyebabnya, salah satu adalah mulai maraknya pembasmian hiu dan pari untuk dikonsumsi. (liputan6.com)

» Terimakasih telah membaca: Begini Modus Baru Pencurian Ikan di Laut Indonesia

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 08, 2018

0 comments :

Post a Comment