-->

Pertemuan Wabup dengan Nico Barito, Bahas Maratua 2025 : Pesawat Emirat Siapkan Terbang Langsung ke Maratua (Bagian 1)

Posted by marta on 14 October 2018



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Setelah melakukan presentasi dari hasil peninjauan ke Pulau Maratua sebelumnya, Senin (8/10/18) Dubes Seychelles Nico Barito, kembali mengajak Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, serta para pemilik lahan untuk membahas perkembangan terbaru Pulau wisata yang dipersiapkan sebagai destinasi wisata berkelas dunia.

Awalnya Nico Barito, dubes Seychelles untuk Indonesia sekaligus peserta rapat yang berlangsung di Le Gran Mahakam Hotel jakarta, tak menyangka bahwa akan ada informasi yang membuat Wabup Agus Tantomo, para pemilik lahan maupun Pimcab Bankaltimtara Haris Harsono menjadi terkesima.  Sebab, tipe Nico Barito memang tak pernah meledak-ledak. Suara yang datar dan selalu tersenyum.

“Saya ada berita bagus yang ingin saya sampaikan kepada peserta rapat,” kata Nico mengawali pertemuan sambil menikmati sarapan pagi tersebut. 

Infonya adalah, ternyata Ed Baker yang ditunjuk membuat perencanaan penataan Pulau Masratua, secara tak sengaja bertemu pengusaha asal Uni Emirat Arab (UEA). Kepada Ed Baker ia menyampaikan keinginannya untuk mengelola pulau wisata, tapi dengan konsep yang baru. Dan, ditunjukkanlah hasil kunjungannya ke Maratua. Ternyata pengusaha UEA tersebut sangat tertarik.

Pembicaraan panjang Ed Baker, lalu disampaikan kepada Nico Barito. Bagaimana pengusaha UEA tersebut, berminat untuk ikut berpartisipasi mengelola Pulau yang lokasinya berhadapan dengan Malaysia Timur dan Filipina tersebut. bahkan ketertarikan itu, disertai dengan keseriusan untuk menggelontorkan dana yang tidak sedikit.

Menurut Nico, pengusaha UEA tersebut siap menanggulangi sekitar 80 persen anggaran yang diperlukan. Ada gambaran nilai investasi yang siap diberikan, dimana menurut Nico kisarannya 500 Juta Dollar AS. Bila dirupiahkan sekitar 2 kali APBD kabupaten Berau.  Untuk apa saja ? Kata Nico, semua diperuntukkan dalam membangun kebutuhan pengembangan Pulau Maratua.

Ini sangat serius, kata Nico.  Keseriusan itupun digambarkan bagaimana menarik wisatawan untuk datang ke Maratua.  Caranya, bandara Maratua akan dikembangkan atau bila ada lahan yang cukup, akan dibangun bandara baru yang siap menampung kehadiran pesawat berbadan lebar. Pesawat yang dioperasikan Emirat, bisa saja melakukan penerbangan langsung ke Maratua atau melalui bandara transit Singapura. Ini salah satu contoh yang akan diwujudkan.

Ia pun memberikan gambaran, bagaimana Seychelles yang penduduknya hanya sekitar 100 ribu, namun penerbangan Internasional setiap harinya bisa mencapai 15 kali penerbangan. Dengan jenis pesawat Air Bus 380. Tak heran bila Seychelles yang menggantungkan perolehan devisanya melalui kehadiran wisatawan.

Terhadap investor yang nota bene memiliki lahan di Maratua, merekalah  menjadi bagian yang akan diajak bekerja sama. Membangun infrastruktur seperti yang telah direncanakan Ed Baker, dengan menggunakan biaya yang ditawarkan tersebut. 

“Demikian berita baik yang sampaikan dalam pertemuan ini, tinggal kita menindaklanjutinya dengan langkah-langkah pendukung lainnya,” ujar Nico Barito.

Dalam waktu dekat, baik Nico maupun Wabub Berau menyampaikan rencana untuk bertemu dengan Gubernur Isran Noor di Samarinda, untuk menyampaikan perkembangan program pembangunan Pulauy Maratua.  Selain itu, akan disampaikan harapan, agar dibuatkan semacam Surat Keputusan pengelolaan Ecowisata pulau Maratua, dimana beberapa menteri terkait diharapkan menjadi pelindung.

”Kita mohon jadwal dengan Pak Gubernur untuk bertemu,” lanjut Nico.

Usai pertemuan, Wabup Agus meminta kepada seluruh pemilik lahan untuk melakukan persiapan dengan tetap mencermati hasil penelitian yang telah dilakukan konsultan perencana asal Inggris tersebut. Ia juga optimistis, bila pengusaha UEA tersebut, telah diyakinkah oleh Nico Barito hal tersebut akan terelalisasi.  Sehingga Maratua 2025 benar-benar bisa menjadi nyata. (Tim/humaspemdaberau)




» Terimakasih telah membaca: Pertemuan Wabup dengan Nico Barito, Bahas Maratua 2025 : Pesawat Emirat Siapkan Terbang Langsung ke Maratua (Bagian 1)

Related Posts

Portal Berau Updated at: October 14, 2018

0 comments :

Post a Comment