-->

Heboh Temuan Cacing Parasit Pada Produk Ikan Kaleng, Kadiskoperindag : Satgas Pangan Akan Segera Turun ke Lapangan

Posted by marta on 4 April 2018



TANJUNG REDEB, PORTALBERAU- Pemberitaan temuan cacing pada beberapa produk ikan kaleng, juga menjadi perhatian masyarakat di Kabupaten Berau. Bahkan, untuk mengantisipasi adanya peredaran beberapa merek ikan kaleng yang sudah masuk dalam daftar hitam tersebut, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau, juga akan segera melakukan tindakan.

Dikatakan oleh Kepala Diskoperindag Berau, Wiyati, hal ini tentunya menjadi perhatian khusus bagi pihaknya. Terlebih, Kabupaten Berau yang merupakan jalan masuknya produk-produk yang mayoritas berasal dari luar tersebut, memang sudah seharusnya diawasi peredarannya.

"Untuk masalah peredaran produk makanan itu, kami ada yang namanya Satgas Pangan. Tetapi untuk saat ini kebetulan masih ada kesibukan mengurusi HKG PKK Provinsi ini, sehingga untuk inspeksi ke pasar, toko maupun minimarket, belum bisa dilakukan. Tetapi, dalam waktu dekat ini juga akan kami bahas permasalahan ini agar segera bisa langsung turun ke lapangan," terangnya kepada portalberau.com, Selasa (3/4/2018).

Diungkapkannya, untuk kasus penemuan cacing dalam produk ikan kaleng, hingga saat ini belum ada laporan yang masuk dari masyarakat Berau. Tetapi, hal ini tak lantas membuatnya hanya melihat perkembangan saja.

"Ya meskipun belum ada di Berau, Diskoperindag juga akan tetap melakukan sidak. Apalagi Diskoperindag memiliki tanggungjawab untuk keamanan konsumen, sehingga hal ini jangan sampai terjadi di Berau," tegasnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat khususnya di Kabupaten Berau, agar menjadi konsumen yang cerdas. Selain lebih bijak memilih produk makanan instan, juga harus jeli melihat tanggal kadaluarsa suatu produk. Malah menurutnya lebih baik jika membuat makanan sendiri tanpa mengkonsumsi yang instan.

"Harus pintar memilih ya, apalagi ibu rumah tangga. Dan sebaiknya mengkonsumsi makanan yang dimasak atau diolah sendiri. Misalnya, ingin mengkonsumsi sarden, maka bisa membuatnya sendiri. Apalagi Berau ini kan kaya akan hasil lautnya, banyak ikan segar, jadi pastinya makanan yang diolah akan lebih higienis dan fresh. Sedangkan kalau untuk produk makanan instan kan jangka waktunya dalam kemasan sudah lumayan lama," imbaunya. (Tim)

» Terimakasih telah membaca: Heboh Temuan Cacing Parasit Pada Produk Ikan Kaleng, Kadiskoperindag : Satgas Pangan Akan Segera Turun ke Lapangan

Related Posts

Portal Berau Updated at: April 04, 2018

0 comments :

Post a Comment