-->

4 Pengemudi Terbaik Akan Dipilih Melalui Abdi Yasa Teladan

Posted by Portal Berau on 29 July 2018




TANJUNG REDEB, PORTAL BERAU – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Berau menggelar pemilihan Abdi Yasa teladan tahun 2018. Dilaksanakan selama 2 hari, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengemudi yang beroperasi di wilayah Berau, seperti supir angkutan dalam kota dan perdesaan, angkutan barang, karyawan perusahaan serta bandara. Total sebanyak 100 pengemudi yang hadir dan mengikuti pemilihan ini.

Dibuka oleh Kepala Dishub Berau, Abdurrahman yang ditandai dengan penyematan tanda peserta. Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (28/7/2018), dipusatkan di Kantor Dishub. Pemilihan Abdi Yasa Teladan ini merupakan program dari Kementerian Perhubungan yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Kegiatan diisi dengan penyampaian materi mengenai tata cara berlalu lintas serta kelaikan jalan kendaraan bermotor, dipaparkan oleh narasumber dari Polres Berau, Dishub Provinsi Kaltim dan Jasa Raharja. Tak hanya itu, materi mengenai Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Keselamatan Transportasi Darat dan Pelayanan Angkutan Umum. Kemudian penegakan hukum lalu lintas, pengetahuan asuransi dan bahaya penyalahgunaan narkoba, juga diberikan.

Kepala Dishub Berau dalam sambutannya mengungkapkan jika selama ini masih banyak keluhan yang terjadi khususnya yang disampaikan oleh para pengguna angkutan jalan. Maka, melalui kegiatan inilah para pengemudi dapat lebih memperhatikan aturan yang tujuannya untuk mengantisipasi kecelakaan.

“Mari kita bangun sikap dan perilaku serta wujudkan budaya keselamatan dalam berlalu lintas,” jelasnya.

Terlebih, dikatakannya, pemerintah saat ini juga sedang berupaya membenahi kesadaran berlalu lintas, yang berfokus kepada pencapaian penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bergerak di dalamnya, lantaran faktor human error yang sering menjadi penyebabnya.

Pemilihan Abdi Yasa Teladan 2018 ini akan mengambil empat pengemudi terbaik. Yang nantinya akan menjadi wakil Berau untuk dikirimkan ke provinsi. Dimana akan ada kegiatan serupa yang dilaksankan provinsi dan nasional.

“Namun saya ingatkan kembali bahwa ini bukanlah ajang mencari juara dan yang terbaik, tetapi tujuan dari kegiatan ini bagaimana kita serius untuk memahami tata cara berlalu lintas dengan baik,” tegas Abdurrahman.

Pada kesempatan itu juga disampaikan bahwa para pengemudi harus menunjukan sikap Sapta Pesona guna mendukung pembangunan sektor pariwisata. Dan tentunya yang pertama berinteraksi dengan wisatawan ini adalah para pengemudi.

“Kita tunjukan sikap ramah dan sopan. Bagaimana kita menjaga agar wisatawan ini betah datang kembali ke sini,” imbuhnya.(TIM)

» Terimakasih telah membaca: 4 Pengemudi Terbaik Akan Dipilih Melalui Abdi Yasa Teladan

Related Posts

Portal Berau Updated at: July 29, 2018

0 comments :

Post a Comment